Friday, August 21, 2015

9:17 PM


Melanjutkan tulisan tentang budidaya cacing tanah, kali ini kami akan berbagi tentang perawatan dalam ternak cacing tanah, karena selain pemilihan bibit cacing yang sesuai standart, perawatan media cacing sangat menentukan sekali untuk keberhasilan ternak cacing tanah.

Berikut ini adalah langkah-langkah perawatan ternak tanah :

  1. Pemberian makan secara berkala, pemberian makan pada cacing bisa dilakukan setiap hari atau 2 kali sehari, pemberian makan sangat relatif sesuai dengan kondisi...
  2. Setiap seminggu sekali sebelum diberi makan, buang media lapisan teratas setebal 1 cm, lapisan ini adalah kotoran cacing tanah, sehingga perlu dibuang agar cacing berada pada media yang bersih dari kotorannya, media yang dibuang ditempatkan di penampungan cascing.
  3. Setiap sebulan sekali lakukan pembalikan media cacing agar media kembali menjadi segar, hancurkan media yang menggumpal.
  4. Setiap 1 bulan 1 minggu jika populasi cacing sesak, anda bisa mengambil 50% cacing dan tempatkan di tempat yang baru, karena siklus cacing dari cacing dewasa terus bertelur dan menetas memerlukan waktu hanya 1 bulan 1 minggu
  5. Setiap 2,5 bulan sekali lakukan penggantian media, dengan tujuan agar cacing bisa berkembang dengan baik, tujuannya tidak lain agar cacing selalu berada di media yang segar, media yang lama disimpan di tempat pembuangan cascing, lebih lengkapnya bisa tonton video di bawah ini.
  6. Siapkan tempat penampungan cascing, walaupun penampungan ini berisi media cacing yang yang dibuang tetap saja diberi makanan, karena kokon / telus cacing bisa saja terbawa ke penampungan cascing yang akhirnya nanti menetas. setelah cacing agak besar baru dipancing dengan makanan lalu pindahkan cacing ke rak pembudidayaan.
Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video di bawah ini, semoga bermanfaat...


0 komentar:

Post a Comment