Friday, February 21, 2014

8:51 AM
jahe umur 1 bulan
Dalam video-video budidaya jahe yang banyak beredar di youtube.com adalah budidaya jahe vertikultur yang tumbuh dengan subur dan mempunyai anakan yang banyak, itu semua tidak terlepas dari perawatan yang maksimal dari para petani yang betul-betul serius berbudidaya, bukan hanya sekedar ingin coba-coba.

Perawatan jahe dalam sak dimulai setelah bibit berumur 5 hari setelah tanam, yaitu dengan mengocor atau menyemprot tanaman jahe dengan SOT dan Microba kultur dengan perbandingan 8 tutup SOT + 200 ml microba cultutre + 14 liter air. Penyemprotan yang baik dilakukan pada pagi hari antara jam 06.00 - 09.00 atau sore hari antara 16.00 - 15.00, sebelum penyemprotan dilakukan pastikan bahwa daun jahe tidak dalam keadaan basah karena air embun atau sisa air hujan, penyemprotan SOT + microba cultur diusahakan mengenai seluruh daun dan batang jahe.

Perawatan selanjutnya adalah 1 minggu setelah penyemprotan pertama dilakukan dengan perbandingan SOT + microba culture sama dengan di atas dan perlukannya sama persis dengan di atas, baru setelah seminggu berikutnya tanaman jahe perlu disemprot dengan peptisida, karena kita kali ini bertani secara organik tentunya peptisida yang dipakai juga dari bahan organik, dalam hal ini peptisida organik yang dipakai adalah Phefoc + Peptisida culture dengan perbandingan 8 tutup botol Phefoc + 200 ml peptisida culture + 14 air.

Pengendalian hama dan penyakit pada jahe yang ditanam secara masal mutlak diperlukan karena jika ada satu tanaman yang terindikasi terserang hama atau penyakit akan dengan mudah dan cepat menular ke tanaman lainnya. Sebelum hama dan penyakit menyerang tanaman jahe anda tindakan prevetif lebih disarankan yaitu dengan mangatur jarak tanam yang tidak begitu rapat.

Setelah penyemprotan peptisida organik maka kita akan terus merawat jahe kita dengan kembali akan menyemprotkan pupuk cair organik seperti di atas, Nah supaya mudah dipahami berikut ini langkah-langkah perawatan tanaman jahe vertikultur:
  1. 5 hst semprot/kocor dengan SOT + microba culture + air
  2. 12 hst semprot/kocor dengan SOT + microba culture + air
  3. 19 hst semprot/kocor dengan PHEFOC + peptisida culture + air
  4. 26 hst semprot/kocor dengan SOT + microba culture + air
  5. 33 hst semprot/kocor dengan SOT + microba culture + air
  6. 40 hst semprot/kocor dengan PHEFOC + peptisida culture + air
  7. begitu seterusnya sampai jahe umur 8 bulan 


* microba dan peptisida kultur hanya bisa di dapat dari mitra-mitra HCS, jika anda kesulitan mendapatkan mikroba dan peptisida culture bisa pesan pada kami dengan harga 35rb/liter

Berikut dibawah ini gambar contoh jahe dalam sak yang menggunakan bokashi dengan umur 1 bulan, 2,5 bulan dan 3 bulan

http://taniternakorganik.blogspot.com/2014/02/perawatan-dan-pengendalian-hama.html
Jahe dalam sak, yg didepan umur 1 bulan, belakang umur 2,5 bulan

http://taniternakorganik.blogspot.com/2014/02/perawatan-dan-pengendalian-hama.html
depan umur 1 bulan, belakang 2,5 bulan

http://taniternakorganik.blogspot.com/2014/02/perawatan-dan-pengendalian-hama.html
jahe dalam sak umur 2,5 bulan

http://taniternakorganik.blogspot.com/2014/02/perawatan-dan-pengendalian-hama.html
jahe dalam sak umur 3 bulan
Catatan
JIka anda bukan Mitra HCS

  • SOT bisa diganti dengan probiotik tanah merk lain seperti EM4 Pertanian atau Rotan Pembenah Tanah informasinya anda bisa di dapatkan di JKMP4
  • PHEFOC bisa diganti dengan pestisida nabati lainnya, misalnya roter, infonya di JKMP4
  • Microba Kultur bisa diganti dengan pupuk organik cair yang mengandung NPK
  • Pestisida Kultur bisa diganti dengan bahan pestisida organik lengkap lainnya

0 komentar:

Post a Comment